Radiosonde

Distribusi vertikal temperatur, tekanan, dan kelembaban atmosfer hingga ketinggian sekitar 30 km dapat diperoleh dengan instrumen yang disebut radiosonde. Radiosonde yang dijatuhkan dengan parasut dari pesawat terbang disebut dropsonde. Radiosonde adalah sebuah kotak kecil dan ringan yang dilengkapi dengan instrumen-instrumen cuaca dan sebuah transmiter radio.

Kotak tersebut dikaitkan pada sebuah kawat yang memiliki parasut dan balon gas yang terikat erat pada ujungnya. Ketika balon bergerak naik, radiosonde mengukur temperatur udara dengan termometer listrik kecil (termistor) yang berada di tepi luar kotak radiosonde.

Radiosonde mengukur kelembaban udara secara elektrik dengan mengirimkan arus listrik melintasi sebuah lempengan yang dilapisi karbon. Tekanan udara diukur dengan barometer kecil yang diletakkan di dalam kotak radiosonde.

Semua informasi hasil pengukuruan tersebut kemudian ditransmisikan ke permukaan bumi dengan radio.  Komputer kemudian mengonversi frekuensi yang bervariasi tersebut ke dalam nilai temperatur, tekanan, dan kelembaban. Alat khusus juga dapat digunakan di permukaan bumi untuk men-tracking radiosonde untuk menghasilkan profil vertikal angin. Ketika pengukuran angin disertakan, makan observasi ini disebut rawinsonde.

Ketika distribusi vertikal temperatur, kelembaban, dan angin diplot ke dalam grafik, maka disebut sebagai sounding. Nantinya, balon akan meledak dan radiosonde kembali ke permukaan bumi dengan lambat menggunakan parasut.

Kebanyakan, radiosonde dilepaskan 2 kali sehari, biasanya pada waktu bersamaan dengan tengah malam dan tengah hari di Greenwich, Inggris. Melepaskan radiosonde membutuhkan biaya operasi yang mahal, karena instrumen dalam radiosonde seringkali tidak dapat diperoleh kembali, dan biasanya instrumen yang diperoleh kembali akan bekerja dengan kondisi yang buruk.

Sebagai pengganti observasi dengan radiosonde ini dapat digunakan satelit geostasioner (menggunakan instrumen yang mengukur energi radiasi) yang memberikan data profil vertikal temperatur pada daerah yang sulit diakses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *