Blog

Geologi

Geologi fisik bertujuan mempelajari material penyusun Bumi dan berupaya memahami proses-proses yang bekerja di bawah dan di atas permukaannya. Bumi adalah planet yang dinamis dan selalu berubah. Energi internal bumi menghasilkan gempa bumi, membentuk pegunungan, dan menghasilkan struktur vulkanik. Di permukaan, proses eksternal memecah batuan dan membentuk beragam bentang alam.

Efek erosi air, angin, dan es menghasilkan bentang alam yang sangat beragam. Karena batuan dan mineral terbentuk sebagai respons terhadap proses internal dan eksternal Bumi, pengamatan terhadap batuan dan mineral adalah dasar untuk memahami planet kita.

Berbeda dengan geologi fisik, tujuan geologi sejarah adalah untuk memahami asal mula Bumi dan perkembangan planet melalui sejarah 4,6 miliar tahun. Geologi sejarah berusaha untuk menentukan susunan kronologis yang dari banyak perubahan fisik dan biologis yang telah terjadi di masa lalu geologis. Studi geologis fisik secara logis mendahului studi sejarah Bumi karena kita harus terlebih dahulu memahami cara kerja Bumi sebelum mencoba mengungkap masa lalunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *